Wisata baru yang melengkapi daya tarik wisata di wilayah Prambanan Sleman. Tebing kapur bekas galian seperti Tebing Breksi ini diubah menjadi tanam batu dan pusat kuliner perbukitan Prambanan. Keberadaannya dikenal sebagai wisata pelengkap saat mengikuti Jeep Offroad Tebing Breksi dan favorit tempat beristirahat pesepeda pada akhir pekan. Obyek wisata ini dikelola oleh masyarakat desa setempat.

Tebing Banyunibo beralamat di dusun Marangan, desa Bokoharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Lokasi Tebing Banyunibo berada di bawah kawasan perbukitan Prambanan dekat dengan Situs Candi Banyunio . Rute menuju Tebing Banyunibo hampir sama seperti menuju ke Tebing Breksi karena posisi obyek wisata ini berada di sebelah bawahnya.

Dari Jalan Prambanan-Piyungan masuk ke arah timur mengikuti papan petunjuk arah menuju Tebing Breksi dan Candi Ijo. Pada sebuah tanjakan pertama setelah jembatan sungai kecil langsung belok ke arah kiri menyusuri tepian sungai. Sekitar jarak 300 meter akhirnya tiba di kawasan wisata Tebing Banyunibo. Alternatif lain dapat melewati jalan berbatu dari Candi Banyunibo ke selatan namun tidak disarankan karena medan jalannya offroad dan menjadi jalur wisata Jeep Ofrroad Tebing Breksi.

Area parkir pengunjung Tebing Banyunibo masih terbatas untuk kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua. Untuk bus kecil bus besar belum dapat masuk ke lokasi karena kondisi jalan yang sempit melewati area pemukiman warga.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here