Kalau Anda suka wisata alam, Anda tentu tidak asing dengan Yogyakarta. Meskipun kota tersebut terkenal karena berbagai bangunan kuno dan kebudayaannya, pesona alam kota pendidikan ini tidak diragukan lagi.

Salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang belakangan viral adalah grojogan watu purbo yang terletak di Bangunrejo, Tempel, Sleman. Grojongan tersebut merupakan tempat wisata alam dengan air terun bertingkat yang memukau, cocok untuk Anda yang ingin berwisata alam dengan pemandangan fotogenic ala Instagram.

Untuk Anda yang tertarik mengunjungi tempat wisata ini, berikut adalah informasi lengkap yang harus diketahui. Dengan begitu, Anda bisa datang ke tempat wisata tersebut dengan nyaman karena sudah tahu medan seperti apa yang hendak dilalui.

Tiket dan Biaya Parkir

Untuk mengunjungi tempat wisata, tentunya ada biaya parkir dan tiket yang harus Anda bayar. Namun berbeda jika Anda mengunjungi grojogan ini, Anda tidak perlu membayar tiket atau retibusi apapun. Dalam artian, Anda bisa mengunjungi tempat ini secara gratis di hari libur maupun di hari-hari biasa.

Sedangkan untuk biaya parkir, terdapat rincian yang perlu Anda perhatikan. Masing-masing kendaraan memiliki biaya parkir yang berbeda antara satu dengan yang lain di grojogan watu purbo, yakni:

  1. Kendaraan roda dua atau motor, biayanya sebesar 5 ribu rupiah.
  2. Untuk mobil, Anda hanya perlu membayar 10 ribu rupiah.
  3. Untuk bus kecil bermuatan 30 orang, maka Anda hanya membayar 30 ribu rupiah.
  4. Jika Anda datang menggunakan bus yang besar, Anda hanya perlu membayar 50 ribu rupiah.

Biaya tersebut merupakan harga biaya parkir untuk satu hari penuh, jadi setelah Anda membayar biaya parkir tersebut Anda tidak perlu membayar biaya lagi.

Tempat Grojogan Watu Purbo dan Sejarahnya

Tempat wisata ini terletak di Sleman, Yogyakarta dan bisa Anda akses menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai langsung ke lokasi. Anda juga bisa menyewa kendaraan untuk kesana dengan jumlah rombongan yang lebih besar. Untuk kendaraan umum terlihat belum ada rute khusus kesana yang sudah disediakan oleh pemerintah.

Hadirnya grojogan watu purbo bukan ada begitu saja, ia dibuat pada tahun 1975 untuk menahan erupsi Gunung Merapi. Bentuk awalnya merupakan dam atau sabo, dengan bentuk 6 trap grojogan yang dibentuk sedemikian rupa. Kemudian di tahun 2017 penduduk melihat bahwa ia telah dialiri air, dengan tambahan batu di bagian kanan dan kiri.

Setelahnya, masyarakat setempat menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat wisata secara spontan. Beberapa tempat dirapikan untuk membuat suasana lebih nyaman untuk dikunjungi, dengan ditambah pula toilet, taman bunga, pendopo dan beberapa gazebo.

Aktifitas Menarik di Grojogan Sewu Purbo

Ada beragam aktifitas menarik yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini, misalnya menikmati pemandangan alam Gunung Merapi yang terlihat jelas dari grojogan tersebut. Pemandangan khas pegunungan yang sejuk bisa Anda dapatkan di tempat wisata ini.

Dengan hadirnya taman bunga dan pemandangan yang lebih asri, Anda bisa berfoto selfie dengan teman atau keluarga yang Anda ajak kesana. Jika berkenan, Anda juga bisa bermain air dan menikmati berbagai keseruan disana.

Untuk Anda yang berkunjung ke grojogan sewu purbo, ada baiknya mengikuti aturan yang telah ditetakan oleh masyarakat desa selaku pengelola. Pastikan Anda tidak membuang sampah sembarangan, merusak atau mengotori tempat wisata. Gunakan dengan bijak fasilitas yang ada disana tanpa mengubah apapun.

Jika datang dengan niat untuk bermain air, jangan lupa bawa baju ganti agar tidak kerepotan ketika pulang. Fasilitas seperti toilet sudah tersedia dengan baik, sehingga Anda hanya perlu menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Jika lapar, Anda bisa makan berbagai makanan ringan dan berat yang dijual oleh masyarakat sekitar.

Itulah penjelasan mengenai grojogan sewu purbo yang menjadi tempat wisata hits di Yogyakarta. Semoga dengan informasi tersebut, Anda bisa datang dan mengunjungi tempat wisata ini dengan lebih mudah, menyenangkan dan tanpa ada halangan. Datang bersama dengan teman, keluarga maupun sendirian tetap akan memberikan pengalaman yang berkesan untuk Anda.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here