Kuliner Yogyakarta khususnya Sleman memang sudah tak perlu diragukan lagi. Baik siang maupun malam selalu banyak pilihan kuliner yang lezat dan khas. Seperti halnya kuliner Sego Welut Bu Surani yang berlokasi di Jalan Godean-Jetis Sidoagung, Godean, Sleman, Yogyakarta. Tepatnya di dekat Pasar Godean. Godean memang dikenal sebagai salah satu sentra penghasil olahan belut di Yogyakarta. Sajian olahan belutnya sudah populer dan soal rasa tak perlu ditanya.

Bagi sebagian orang mungkin sajian belut masih terbilang aneh. Belut adalah salah satu jenis ikan dengan bentuk memanjang namun tidak memiliki sisik sehingga kulitnya sangat licin. Dengan pengolahan yang tepat dan bumbu yang khusus maka belut ini disulap menjadi sajian yang gurih.

Sego Welut Bu Surani adalah salah satu kuliner legendaris di Godean dan konon sudah ada sejak tahun 1945. Saat ini warung sego welut dikelola oleh generasi ke tiga. Namun rasa yang disajikan tetap konsisten walaupun sudah puluhan tahun malang melintang. Itulah yang jadi alasan mengapa pembeli pun masih loyal untuk menikmati sajian welutnya yang lezat.

Sebenarnya Warung Sego Welut Bu Surani ini sangat sederhana, berupa warung makan lesehan dengan tenda di sebuah lahan parkir yang kosong di malam hari. Salah satu yang membedakan sego welut Bu Surani dengan olahan belut warung lain adalah menu mangut belutnya yang sangat menggugah selera. Mangut berupa sajian belut dengan kuah santan kental yang gurih dan pedas. Mangut Bu Surani juga dikenal tidak terlalu manis sehingga sangat cocok dengan lidah pembeli dari luar Sleman.

Menu yang jadi unggulan tentu sego belutnya, namun selain menu utama Bu Surani juga menyediakan menu lain seperti lele goreng, gudeg, dan beragam sayur. Sajian yang pas dan jadi primadona pengunjung adalah kombinasi manut belut dan gudeg, dijamin menggoyang lidah anda dan membuat ketagihan. Selain rasanya yang nendang, harga tiap menunya yang cukup terjangkau, satu porsi dipatok harga Rp 15.000,- .Warung Sego welut Bu Surani buka setiap hari mulai pukul 18.00 – 21.00 WIB sebaiknya datang awal agar tidak kehabisan.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here