Belum afdol rasanya jika anda ke Yogyakarta namun belum mencoba sajian kuliner gudegnya. Gudeg adalah salah satu masakan khas Yogyakarta yang berbahan dasar nangka muda dimasak dengan bumbu khusus dan dalam proses memasaknya membutuhkan  waktu yang sangat lama hingga berjam-jam.

Sebagai salah satu kuliner yang ikonik daerah, anda bisa menemukan banyak penjual gudeg di berbagai sudut Yogyakarta setiap harinya. Salah satu gudeg yang populer adalah Gudeg Yu Djum, racikan gudeg ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Yogyakarta dan sudah memiliki beberapa cabang. Salah satunya di Jalan Agro nomor 5 – 15, Kocoran, Caturtunggal, Depok, Sleman. Warung gudeg ini salah satu yang legendaris karena berdiri sejak tahun 1951 dengan cabang pertama di daerah Wijilan, Yogyakarta. Sedangkan dapurnya kala itu terletak terpisah di Karangasem, Depok, Sleman.

Rasa manis yang tidak berlebihan, daging nangka yang lembut, dan aromanya yang khas membuat gudeg ini digandrungi tak hanya warga Yogyakarta saja namun sudah jadi langganan wisatawan yang penasaran dengan sajian unik ini. Lauk pauk yang ditawarkan juga tidak sembarangan, Gudeg Yu Djum menggunakan ayam kampung dan telur bebek sehingga lebih gurih. Nangka yang dipakai adalah nangka muda sehingga setelah matang teksturnya lebih empuk.

Menu gudeg yang ditawarkan beragam seperti nasi gudeg dengan porsi satuan, jadi gudeg disajikan dengan krecek ditambah dengan lauk pauk lain sesuai dengan pilihan pengunjung. Seperti nasi gudeg krecek telur, nasi gudeg krecek telur sayap, dan lauk yang launnya. Selain menu satuan, tersedia juga menu gudeg besek dan gudeg kendil dengan porsi yang lebih banyak dan disajikan menggunakan besek.

Gudeg Yu Djum adalah gudeg dengan jenis gudeg kering yang lebih awet dibandingkan gudeg basah. Sehingga bisa juga dijadikan pilihan oleh-oleh untuk keluarga. Salah satu menu favorit untuk dijadikan oleh-oleh adalah paket gudeg kendil komplit yang terdiri atas gudeg, krecek, telut, dan ayam. Gudeg Yu Djum buka setiap hari mulai pukul 05.00 – 21.00 WIB. Harga gudeg bervariasi dipatok mulai Rp 10.000,- tergantung lauk yang anda pilih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here