Sleman dikenal dengan wisata alam dan juga kulinernya. Salah satu makanan yang harus dicoba ketika berwisata ke Sleman adalah gudeg. Kunjungan anda ke Sleman belum afdol jika belum merasakan lezatnya gudeg. Tentu anda sudah tidak asing dengan makanan khas Yogyakarta berbahan nangka muda ini. Bahkan di Sleman terdapat sentra gudeg ‘Mbarek’ yang berlokasi di dekat Fakultas Kehutanan UGM tepatnya di Jalan Kaliurang km 4,5 Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Mbarek adalah sebutan untuk sebuah kampung di kawasan itu. Konon menurut sejarah, istilah Mbarek sebenarnya adalah nama lain dari Dusun Kocoran yang masuk ke wilayah administratif Desa Caturtunggal. Jauh sebelum tahun 1990 sudah terdapat beberpa penjual gudeg di kawasan itu, namun baru berkembang menjadi sentra yang ramai di tahun 1990an.

Salah satu perintis sentra gudeg Mbarek Sleman adalah Warung Gudeg Bu Hj Ahmad. Warung ini dirintis sekitar tahun 1990. Semenjak itulah Mbarek menjadi salah satu kawasan sentra  gudeg kedua di Yogyakarta setelah Wijilan. Gudeg Bu Hj Ahmad berbeda dengan gudeg lain, jika biasanya gudeg terkenal dengan rasa manisnya maka justru gerai gudeg satu ini menonjolkan rasa gurih pada sajian gudegnya. Jenis gudegnya adalah gudeg kering yang jauh lebih tahan lama dibandingkan gudeg basah konvensional. Sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif oleh-oleh. Untuk oleh-oleh tersedia paket gudeg kertas dus, kendil, dan besek.

Satu porsi gudeg biasanya disajikan terdiri dari nasi gudeg, sambel kering krecek, dan lauk pauk yang berbeda tergantung pilihan pengunjung. Lauk yang bisa dipilih seperti telur, ayam, tahu, tempe, dan ati ampela. Harga gudeg yang dipatok beragam tergantung lauk jenis lauk yang anda pilih dan jumlah yang anda ambil. Pengunjung bisa menikmati gudeg dengan menu paling murah Rp 11.000,- berupa nasi gudeg, sambel kering krecek, dan 1 telur. Menu yang paling mahal biasanya untuk makan keluarga terdiri dari gudeg, sambel kering krecek, 5 telur, dan ayam utuh dipatok dengan harga Rp 220.000,- Gudeg Bu Hj Ahmad buka setiap hari mulai pukul 05.30 – 22.00 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here