Bebek goreng mungkin sudah jadi menu makanan yang biasa bagi anda. Tapi pernah kah anda mencicipi sajian bebek bacem? Sleman memiliki kuliner bebek bacem yang istimewa yaitu Bebek Bacem Bu Waliyem. Berlokasi di dekat depan Pasar Ngino, Nglawisan, Margoagung, Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini buka setiap hari pukul 08.00 – 19.00 WIB. Setiap hari warung ini selalu dipadati khususnya di jam makan siang. Khususnya di hari dengan pasaran Wage dan Legi. Bebek Bacem Bu Waliyem tak usah diragukan lagi karena sudah bisa dibilang legendaris berdiri sejak tahun 1985. Menariknya warung ini sangat konsisten dalam mempertahankan citarasa tiap menunya walaupun sudah puluhan tahun. Hal itulah yang membuat pelanggan mereka loyal dan kian bertambah hingga kini.

Sesuai namanya Warung Bebek Bacem Bu Waliyem dirintis oleh Bu Waliyem yang menggunakan cara memasak secara tradisional. Penggunakan kayu bakar dalam proses memasaknya diklaim sebagai salah satu alasan mengapa sajian bebek bacem di sini lebih nikmat. Tata cara memasaknya juga tidak sembarangan, bebek dimasak menggunakan api kecil sehingga memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun proses masak yang khusus tersebut membuat bumbu bisa meresap sempurna dalam daging dan tekstur daging pun menjadi lebih lembut tidak alot. Daging bebek bacem menjadi berwarna kecoklatan lezat dengan citarasa perpaduan dari manis, gurih, dan pedas yang menggoyang lidah. Apalagi disantap dengan sambal yang nendang.

Menu yang ditawarkan berupa masing-masing bagiab bebek seperti kepala, leher, sayap, dada, paha atas, ati ampela, hingga bebek utuh. Menu lain juga tersedia wader, belut, udang, ayam, dan telur. Aneka sayur juga disediakan seperti sayur kubis, sayur daun singkong, dan sayur kacang polong. Suasana warung khas rumahan dengan warga dominan hijau dan kuning. Jika dibandingkan dengan warung makan lain yang sudah populer mungkin ukurannya termasuk kecil. Tapi jangan salah, Warung Bebek Bacem Bu Waliyem jadi salah satu wisata kuliner yang diburu wisatawan. Liburan anda ke Sleman belum lengkap jika belum mampir ke sini. Selain lezat harganya juga sangat terjangkau.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here