Salah satu wisata yang sangat populer di di Yogyakarta adalah Volcano Lava Tour Merapi. Berlokasi di kawasan wisata Kinahrejo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Pengunjung akan diajak berkeliling kawasan Merapi dengan diberi pilihan yaitu dengan motor trail atau jeep. Dua jenis kendaraan ini sama-sama seru dan menantang adrenalin. Namun dengan jeep anda bisa berkeliling bersama teman atau keluarga karena berkapasitas 3 hingga 4 orang dalam satu jeep. Jenis jeep yang dinaiki pun beragam,ada jeep Willys, Land Over, hingga Hardtop. Durasi waktu yang dibutuhkan untuk menikmati Volcano Tour Merapi kurang lebih 2,5 jam. Selama 2,5 perjalanan ini pengunjung akan diajak berkeliling melihat spot-spot menarik di Merapi.

Volcano Lava Tour berupa rangkaian tour dengan beragam titik pemberhentian. Jeep akan mengantar pengunjung untuk menapak tilas erupsi hebat tahun 2010. Melihat sisa-sisa erupsi di Museum Sisa Hartaku di museum ini kita bisa melihat berbagai kerangka seperti motor, televisi, dan beragam peralatan lain yang sudah hangus terkena erupsi. Di pemberhentian berikutnya kita bisa melihat bunker tempat berlindung di kawasan Kaliadem. Saat terjadi erupsi bunker ini juga dijadikan tempat berlindung namun ganasnya awan panas tak mampu ditahan oleh bangunan bunker. Kini bunker difungsikan sebagai salah satu tempat wisata untuk menapak tilas erupsi dan mengenang korban yang sudah tiada. Di spot ini kita bisa melihat Gunung Merapi dengan jelas dan tentunya tak boleh anda lewatkan untuk diabadikan dengan kamera. Pengunjung juga diajak berkunjung ke kediaman almarhum Mbah Maridjan juru kunci Gunung Merapi yang kini sudah menjadi museum Mbah Maridjan. Di museum tersebut kita bisa melihat bukti nyata yang tersisa bahwa erupsi tahun 2010 silam sangat dahsyat. Ada juga foto-foto kondisi kawasan itu ketika erupsi melanda.

Di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan alam Gunung Merapi yang sudah tidak diragunakan lagi keindahannya. Sensasi tubuh terguncang di atas jeep dijamin memberi kesan yang berbeda dan akan membuat ketagihan. Volcano Merapi Tour tersedia setiap hari pukul 07.00 – 16.00 WIB. Paket harga yang ditawarkan beragam berkisar Rp 350.000,- hingga Rp 450.000,-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here