Yogyakarta khususnya Sleman memiliki beragam obyek wisata yang menjadi magnet bagi wisatawan. Baik itu wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata edukasi tersedia. Jika anda penyuka wisata alam maka obyek wisata di Sleman ini sebaiknya jadi rujukan anda untuk liburan. Namanya Kedung Nganten yang berada di Desa Wisata Nawung, Gayamharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.  Mungkin obyek wisata ini masih terdengar asing, namun jangan salah pesona yang ditawarkan Kedung Nganten ini tak main-main.

Kedung Nganten seperti hidden gem di kawasan Sleman yang berupa aliran sungai sepanjang 1,5 km  dengan lempeng-lempeng batuan yang bergurat indah di sepanjang tepi sungai yang seakan menjadi dinding sungai. Untuk berkunjung ke Kedung Nganten kita perlu menuruni bukit karena lokasinya berada di bagian bawah Desa Nawung yang berupa perbukitan. Menurut cerita masyarakat sekitar disebut Kedung Nganten karena konon tempat ini dijadikan seorang dukun sebagai tempat untuk mempertemukan pasangan pengantin sebagai suami istri yang sah.

Begitu sampai di lokasi anda akan dibuat takjub dengan pemandangan alam yang sangat indah. Gemericik air sungai mengalir penuh kesegaran dengan bongkahan batu-batu besar di kanan kirinya yang makin menambah kesan eksotis menyerupai Grand Canyon. Batu-batu inilah yang menjadi daya tarik Kedung Nganten.  Bongkahan batu ini sepertinya sudah terbentuk ratusan tahun yang lalu, batu-batu tersebut mendapat aliran air sepanjang tahun sehingga menimbulkan cekungan di permukaan batu. Ditambah dengan pepohonan sekitar sungai yang asri semakin membuat pengunjung betah berlama-lama di Kedung Nganten.

Selain cocok sebagai tempat untuk melepas penat karena suasananya yang tenang, Kedung Nganten juga cocok untuk anda yang suka tantangan. Pengelola menyediakan aktivitas alam berupa susur sungai Kedung Nganten. Makin ke bawah suasana dan pemandangan dari Kedung Nganten makin menakjubkan. Sangat pas sebagai lokasi berburu foto yang keren. Namun pengunjung harus hati-hati karena banyak batuan yang licin dan rawan untuk tergelincir. Di kawasan Kedung Nganten juga terdapat kedung lain yang sejenis antara lain Kedung Dukun, Kedung Ngaron, Kedung Dowo, Kedung Kendil, dan Kedung Pasangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here