Indonesia berada di kawasan cincin api sehingga sangat mudah ditemukan gunung berapi. Sehingga pengetahuan mengenai kondisi gunung api penting bagi masyarakat berkaitan dengan mitigasi bencana. Untuk itu dibangunlah Museum Gunung Api Merapi yang terletak di kaki Gunung Merapi tepatnya di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta anda hanya perlu bergerak ke utara mengikuti Jalan Kaliurang, lalu belok ke arah kiri sebelum sampai di Gerbang Ngipiksari, ikuti jalan hingga menemukan petunjuk arah menuju lokasi museum.

Museum ini dibangun untuk memberikan edukasi kepada pengunjung mengenai Gunung Merapi yang diklaim sebagai gunung api paling aktif di dunia. Edukasi dikemas dengan menarik agar pengunjung bisa memahami informasi yang disampaikan dengan baik. Beragam informasi berkaitan dengan gunung api pada umumnya dan Gunung Merapi pada khususnya bisa kita temui. Antara lain informasi dari sisi sejarah dan legenda, kearifan lokal, adat istiadat, dan bukti nyata sisa-sisa ganasnya letusan gunung dipajang.

Arsitektur bangunan museum juga terbilang unik. Berbentuk menyerupai segitiga yang menyimbolkan bentuk gunung. Begitu masuk ke dalam museum kita akan disambut maket Gunung Merapi berukuran besar lengkap dengan peragaan erupsi. Kita juga akan melihat aneka peralatan pemantauan Gunung Merapi seperti seismograf, pencatat aktivitas gunung, pengolah data, dan alat-alat lainnya. Bahkan ada terdapat peralatan yang digunakan di masa lalu. Spot yang paling menarik adalah display tipe letusan gunung dan aneka barang koleksi sisa letusan Gunung Merapi. Di sini kita bisa menjumpai sebuah batu yang biasa disebut batu bom, sekilas batu ini terlihat biasa namun saat terjadi letusan batu ini berupa lava dengan suhu 1200 derajat. Pengunjung juga bisa menyaksikan film tentang Merapi secara gratis.

Anda bisa  berkunjung ke museum ini pada hari Selasa – Kamis mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB. Hari Sabtu – Minggu pukul 08.00 hingga 14.30 WIB. Tiket yang ditawarkan sangat murah hanya Rp 5000,- Fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap, tersedia kamar mandi, area parkir luas, warung makan, hingga wifi gratis yang makin memanjakan pengunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here