Jika anda pecinta museum maka museum unik satu ini tak boleh luput dari daftar kunjungan anda. Namanya Museum Geoteknologi Mineral yang berlokasi di Komplek Kampus II Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Babarsari, Tambakbayan, Sleman, Yogyakarta. Museum ini dibangun untuk menyimpan peninggalan-peninggalan berharga manusia yang berkaitan dengan pengetahuan terutama ilmu geologi.

Secara umum koleksi di museum ini terdiri atas 4 bidang yaitu pertambangan, pertanian, perminyakan, dan geologi. Di dalam museum pengunjung bisa melihat visualisasi sejarah terjadinya bumi, seperti bagaimana proses terbentuknya, batuan apa saja yang menjadi penyusun utama, fosil-fosil sisa kehidupan masa lampau, dan jejak kehidupan lain yang sudah ada sejak jutaan tahun lalu. Pengunjung tak hanya berwisata namun sekaligus belajar dan mendapatkan pengetahuan baru. Proses-proses geologi juga bisa kita saksikan di sini. Berbagai alat peraga yang lengkap dan menarik akan menjelaskan dengan lebih sederhana proses geologi tersebut.

Museum geoteknologi ini terdiri atas dua ruang pameran. Ruang pameran pertama berisi koleksi kurang lebih 379 fosil yang tak hanya berasal dari Indonesia namun dari berbagai negara di dunia. Di lantai ini kita juga bisa melihat berbagai jenis dan bentuk batuan yang artistik. Mulai dari batuan beku hingga batuan malihan ada, diperkirakan terdapat 218 jenis batuan dan mineral. Batuan jenis akik pun bisa kita lihat dan kita ketahui jenisnya, sangat menarik bukan. Sedangkan pada ruang pameran dua kita akan disuguhi maket-maket seperti maket tubrukan lempeng, maket pengeboran minyak, teknologi pertanian, berbagai monolit tanah, dan maket lain berkaitan dengan geologi.

Salah satu spot yang jadi favorit pengunjung dan jangan sampai terlewatkan adalah spot manusia purba. Di spot ini pengunjung akan melihat patung-patung manusia purba dari berbagai era kehidupan lengkap dengan jejak fosil binatang dan tumbuhan di masa lalu seperti fosil gajah purba. Museum Geoteknologi UPN Yogyakarta buka pada Hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5000,-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here