Jika anda berencana untuk berwisata dengan tema sejarah maka tempat wisata ini tak boleh anda lewatkan. Monumen Jogja Kembali, tak hanya menyenangkan namun juga siap menyuguhkan sejarah edukastif yang bermanfaat. Monumen ini berlokasi di Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.  Lokasi monumen ini berada di jalur yang dikenal dengan sebutan Poros Makro Kosmos yang bermakna sumbu besar imajiner kehidupan, karena dari utara hingga selatan terbentang lokasi-lokasi vital di Yogyakarta. Seperti Gunung Merapi Keraton Yogyakarta, Tugu, hingga Parangtritis.

Arsitektur Monumen Jogja Kembali terbilang unik, berbentuk kerucut yang cukup tinggi sehingga menambah kesan megah dan modern. Sesuai dengan namanya, monumen ini didedikasikan untuk mengenang kembalinya Yogyakarta sebagai ibukota negara kala itu setelah sempat jatuh di tangan Belanda pada tanggal 6 Juli 1966. Diresmikan pada tahun 1989 oleh mantan Presiden Soeharto.

Di sini pengunjung bisa melihat serangkaian proses sejarah di masa itu dalam bentuk diorama-diorama yang artistik. Monumen Jogja Kembali terdiri atas 3 lantai, lantai pertama berisi museum barang peninggalan sejarah di masa kemerdekaan, perpustakaan, kafetaria, dan auditorium. Beragam peninggalan luar biasa seperti kursi tandu Jendral Sudirman dan baju-baju tentara pelajar bisa kita lihat langsung di lantai ini. Sedangkan lantai yang dua dan tiga menyajikan diorama-diorama untuk mengenang peristiwa dan tokoh di masa mempertahankan kemerdekaan dari tahun 1948 hingga 1949. Kita juga bisa melihat relief yang menceritakan kisah perlawanan terhadap penjajah dari memperjuangkan kemerdekaan hingga mendapatkan pengakuan internasional di tahun 1940.

Monumen Jogja Kembali buka pada hari Selasa hingga Sabtu pukul 08.00 – 16.30 WIB dengan tiket masuk yang sangat terjangkau sebesar Rp 10.000,-  Fasilitas di monumen ini sangat lengkap, mulai dari mushola, kamar mandi, area bermain anak, area parkir, hingga kafetaria. Lokasi wisata ini sangat ramah keluarga, bisa menjadi referensi anda sebagai tempat wisata edukasi bersama keluarga besar. Berbagai rombongan siswa sekolah dari berbagai daerah sudah sering berkunjung untuk berwisata edukasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here