Museum Ullen Sentalu terletak di lereng Gunung Merapi tepatnya di Jalan Boyong nomor 25 Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Begitu sampai di kawasan museum kita akan disuguhi dengan keindahan alam pegunungan yang hijau dengan udara yang sejuk. Nama Ullen Sentalu diambil dari akronim dari Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku yang artinya nyala lampu blencong sesungguhnya adalah petunjuk bagi manusia dalam menjalani kehidupan.

Arsitektur museum disusun memadukan gaya gothic Eropa dengan Tradisional Jawa. Dilengkapi dengan taman dan pahatan-pahatan batuan yang artistik. Bangunan memang didesain menyatu dengan alam sekitar sehingga kesan sejuk sangat pas untuk mendeskripsikan suasana museum. Salah satu spot yang hits di museum ini tentu adalah replika relief yang dipasang miring, menggambarkan bahwa minat generasi muda terhadap museum, seni, dan budaya perlahan menurun. Keberadaan Museum Ullen Sentalu berusaha untuk meluruskan “kemiringan” tersebut.

Di dalam museum pengunjung bisa melihat beragam koleksi peninggalan budaya Jawa masa Dinasti Mataram. Koleksi museum terbagi dalam beberapa ruangan karena memang jumlahnya sangat banyak. Secara garis besar, Museum Ullen Sentalu terbagi atas beberapa ruangan antara lain ruangan Selamat Datang, Ruang Seni dan Gamelan, Ruang Guwo Selo Giri, Ruang Sasana Sekar Buwana, Ruang Batik Pesisiran, Ruang Putri Dambaan,  Ruang Batik Vorstendlanden, dan Ruang Ratu Mas. Tak heran jika museum ini diklaim sebagai salah satu museum terbaik di Indonesia karena koleksinya yang lengkap.

Selama berkeliling kawasan museum pengunjung akan dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok akan dipandu pemandu khusus yang menjelaskan setiap sudut dan koleksi yang ada. Koleksi museum Ullen Sentalu tidak dilengkapi dengan papan informasi, namun pemandu akan menjelaskan secara lengkap detail setiap koleksi. Pengunjung tidak diperbolehkan membawa kamera masuk ke dalam ruangan museum untuk menjaga privasi. Buat anda pecinta fotografi jangan kecewa dahulu karena pengelola telah menyiapkan spot yang bisa digunakan untuk berfoto  ria di bagian luar museum.

Tiket untuk masuk ke Museum Ullen Sentalu Rp 40.000,- Setelah puas berkeliling museum pengunjung akan disuguhi minuman jamu tradisional Jawa yang rasanya enak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here