Tentu anda sudah sangat familiar dengan nama Universitas Gadjah Mada (UGM) salah satu kampus terbaik di Indonesia. Tahukah anda jika UGM juga memiliki sebuah museum yang dibuka untuk umum. Jika anda pecinta museum maka jangan sampai melewatkan museum satu ini. Berlokasi di kawasan komplek perumahan dosen UGM.Tepatnya di Blok D-6 dan D-7 Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. UGM diketahui merupakan kampus tertua di Indonesia yang sudah melahirkan banyak tokoh-tokoh besar. Maka museum ini sebagai sarana untuk napak tilas sejarah pembangunan UGM dan siapa saja tokoh yang berada di balik perjuangan pendirian kampus yang berjuluk Kampus Biru ini.

Museum UGM ini dirintis sejak tahun 2000an dan terus dikembangkan hingga saat ini. Pengunjung bisa melihat beberapa barang peninggalan tokoh UGM antara lain mobil dinas Prof. Dr. H. Koesnadi Hardjasoemantri, lambang atau makara UGM, karya-karya luar biasa, hingga koleksi arsip yang mencapai 327 buah. Semua tertata rapi dan bisa dilihat pengunjung sembari membaca informasi mengenai sejarahnya di papan yang tersedia. Foto-foto UGM di masa lampau juga bisa kita saksikan.

Museum ini secara garis besar terdiri atas dua ruang pamer. Yaitu ruang pamer D6 da ruang pamer D7. Masing-masing ruang pamer masih terdiri atas ruangan-ruangan dengan nama-nama khusus antara lain ruang pamer dari para tokoh pendiri UGM, ruang pamer rektor dan karya yang pernah dibuat, ruang pamer teknologi yang menampilkan karya mahasiswa, hingga Ruang Obama di dalamnya terdapat tempat tidur yang pernah dipakai mantan Presiden Amerika tersebut ketika liburan di Yogyakarta sekitar tahun 1967 – 1969.

Fasilitas yang tersedia di museum ini antara lain kamar mandi, area parkir, dan komputer data yang bisa digunakan untuk berselancar mengakses informasi mengenai UGM. Buka pada Hari Senin hingga Jumat pada pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Jangan sampai anda melewatkan kunjungan ke sini karena untuk memasukinya pengunjung tidak dipatok biaya sepeser pun alias gratis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here