Yogyakarta dijuluki sebagai Kota Pelajar karena memang di sini terdapat banyak institusi pendidikan yang setiap tahunnya menjadi tujuan pelajar dari berbagai daerah untuk belajar. Oleh karena itu ada salah satu museum yang didirikan untuk menyajikan sejarah perkembangan pendidikan di Indonesia. Museum ini terletak di kompek Kampus Universitas Negeri Yogyakarta. Tepatnya Jalan Kolombo nomor 1 Karangmalang, Yogyakarta. Museum ini ada sebagai bentuk dedikasi UNY sebagai salah satu kampus pendidikan terbaik di Yogyakarta sekaligus menyampaikan banyak makna pendidikan dari masa ke masa.

Secara garis besar Museum Pendidikan Indonesia terdiri atas dua lantai dengan 5 ruang utama. Ruang Galeri 1 yang berupa tempat untuk memajang peralatan sekolah dan memamerkan foto-foto berkaitan dengan proses pembelajaran. Lalu Ruang Galeri 2, ruangan ini didedikasikan untuk mengenang jasa para tokoh pendidikan. Kemudian Galeri 3, ruangan ini khusus berisi media pembelajaran yang unik dan inovatif agar proses pembelajaran semakin menyenangkan. Dua ruangan lainnya adalah Ruang Cinema MPI yang bisa digunakan untuk menonton film dengan kapasitas 116 tempat duduk dan satu lagi Ruang Apresiasi Karya.

Di museum ini kita bisa melihat semangat juang dalam menuntut ilmu dan proses perkembangannya melalui beragam koleksi yang ada. Antara lain buku-buku pendidikan dari berbagai jenjang pendidikan, arsip-arsip kependidikan, dan beragam media pembelajaran. Sangat cocok dikunjungi bagi anda yang tertarik pada dunia pendidikan. Cocok dikunjungi segala usia karena akan menambah wawasan baru terkait dunia pendidikan dari yang umum sampai yang belum kita ketahui sebelumnya.

Museum Pendidikan Indonesia buka pada Hari Senin – Kamis pukul 07.30 hingga 15.00 WIB dan Hari Jumat pukul 07.30 hingga 14.00  WIB. Hari Sabtu-Minggu dan tanggal merah tutup. Jangan lupa untuk berkunjung ke museum ini karena tiket masuknya hanya Rp 2.500,- untuk rombongan kurang dari 10 orang, sedangkan jika datang sendiri anda tidak perlu membayat tiket masuk sepeserpun alias gratis. Fasilitas yang disediakan sudah cukup memadai, ada kamar mandi, mushola, area parkir, dekat dengan foodcourt, dan ramah difabel berkursi roda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here