Jika anda pecinta seni tentu anda tak akan asing dengan nama Affandi. Beliau adalah salah satu maestro seni terbaik di Indonesia yang menganut aliran ekspresionisme atau abstrak. Dikenal dengan sarung serta pipa cerutu yang tak bisa lepas dari bibir beliau. Anda bisa berkunjung ke Museum Affandi yang terletak di tepi Sungai Gadjah Wong tepatnya di Jalan Laksda Adisucipto 167. Lokasinya cukup strategis dan mudah diakses. Dulunya museum ini adalah tempat tinggal sang maestro Affandi dan setelah sepeninggal beliau dijadikan museum yang terbuka untuk umum. Pengunjung bisa datang untuk melihat karya-karya besar Affandi semasa hidupnya dan koleksi barang pribadi beliau. Diperkirakan terdapat lebih dari 300 karya beliau yang dapat dinikmati pengunjung.

Secara garis besar Museum Affandi terdiri atas empat bagian utama. Yaitu galeri I yang berisi karya Affandi semasa beliau hidup.Terdari dari sketsa di atas kertas dan lukisan tersebut dibuat di atas permukaan kanvas dengan cat air, pastel, hingga cat minyak. Di bagian ini kita juga bisa melihat mobil tua milik Affandi yaitu Mitsubisi Gallant tahun 1976, sepeda onthel kuno yang masih bagus, dan dua buah  patung. Selanjutnya Galeri II yang berisi hasil karya Affandi yang dijual dan karya pelukis lain yang turut dipamerkan. Sedangkan Galeri III berisi karya-karya yang dibuat oleh keluarga Affandi. Pada galeri berisi karya yang dihasilkan Didit, salah cucu beliau.

Fasilitas yang tersedia di Museum Affandi sangat lengkap. Mulai dari kamar mandi, mushola, area parkir, perpustakaan, kolam renang, toko souvenir, hingga kafe. Di museum ini juga terdapat Studio Gadjah Wong di mana anak-anak bisa berkunjung untuk belajar menulis dipandu dengan mentor yang sudah berpengalaman. Tiket masuk museum dipatok Rp 25.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp 75.000,- untuk wisatawan mancanegara. Jika anda membawa kamera maka dikenakan biaya tersendiri Rp 20.000,-  Sedangkan untuk kamera ponsel membayar Rp 10.000,- Museum Affandi buka pada hari Senin hingga Sabtu mulai dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here