Keraton Ratu Boko merupakan salah satu situs sejarah bercorak Hindu yang berlokasi di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Dari arah pusat Kota Yogyakarta anda bisa bergerak menuju Jalan Solo hingga tiba di pertigaan lampu merah Pasar Prambanan, lalu ambil jalan ke arah kanan hingga menemukan petunjuk arah menuju lokasi Keraton Ratu Boko.

Salah satu yang unik dari kompleks keraton Ratu Boko adalah lokasinya yang berada di atas ketinggian 200 mdpl. Sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan kawasan candi dari ketinggian. Bahkan Candi Prambanan juga bisa kita lihat dari atas komplek keraton. Komplek Keraton Ratu Boko bisa dibilang cukup lengkap karena terdapat pintu gerbang masuk, pendopo, kolam pemandian, bangunan untuk tinggal, hingga pagar pelindung. Di area komplek keraton juga terlihat candi batu kapur, candi pembakaran dan sumur suci. Terdapat dua gerbang utama yang berada di dalam dan di luar keraton yang disusun dengan gapura paduraksa. Gerbang bagian dalam merupakan pintu utama keraton yang terdiri atas 5 buah. Gerbang luar berukuran lebih kecil dibandingkan gerbang bagian dalam dan berjumlah 3 buah. Di salah satu bagian keraton terdapat tulisan Panabwara yang merupakan anak dari Prabu Rakai Panangkaran. Menurut sejarah, Rakai Panangkaran adalah penguasa Kerajaan Ratu Boko.

Hal paling populer yang dilakukan pengunjung adalah berfoto di tengah-tengah pintu gerbang keraton. Saat sore hari matahari yang nyaris terbenam menyiratkan warna jingga yang tepat berada di tengah pintu gerbang tersebut. Sehingga foto siluet yang dihasilkan benar-benar indah. Namun tidak setiap saat momentum seperti ini ada tergantung dengan cuaca hari itu.

Kawasan keraton Ratu Boko tidak hanya terbatas untuk menikmati wisata sejarah saja, namun pengelola sudah menyediakan area perkemagan, tracking candi, dan wisata edukasi lengkap dengan pemandu yang berpengalaman. Tiket masuk ke kawasan Keraton Ratu Boko dipatok Rp 40.000,- sebanding dengan keindahan yang ditawarkan dan nilai historis yang didapatkan. Fasilitas yang disediakan sudah cukup memadai terdapat kamar mandi, area parkir luas, hingga cafe tempat makan dan minum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here