Jika anda hendak berwisata candi di wilayah Yogyakarta jangan lupa untuk mengunjungi Candi  Sambisari. Candi ini berlokasi di Jalan Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Yogyakarta. Pesona Candi Sari tak kalah dengan candi lainnya.

Candi Sambisari memiliki corak agama Hindu yang baru ditemukan pada tahun 1966 oleh seorang petani yang kala itu sedang mencangkul sawahnya. Proses pemugaran cukup memakan waktu lama dan selesai pada tahun 1987. Berbeda dengan candi lain yang kita lihat berada di atas permukaan dengan ketinggian tertentu Candi Sambisari justru berada lebih rendah dari permukaan tanah.  Pengunjung yang hendak berkunjung harus menuruni anak tangga untuk mencapai kompleks Candi Sambisari. Namun justru inilah yang jadi daya tarik candi. Apalagi kanan dan kiri kompleks candi berupa rereumputan hijau yang asri menambah keindahan candi.

Kompleks Candi Sambisari terdiri atas satu candi utama dan tiga candi pewara atau pendamping. Tedapat lingga dan yoni yang cukup besar di bagian dalam bilik utama candi induk. Terdapat arca Dewi Durga Mahisasuramardhani yang sama dengan arca di Candi Prambanan. Hal ini menunjukkan bahwa kedua candi memang sama-sama bercorak Hindu. Arca Dewi Durga terletak di bagian utara dan terlihat memiliki 8 tangan yang masing-masing membawa senjata. Sedangkan di bagian selatan terdapat arca Agastya berkalung tasbih dan di bagian timur terdapat arca Dewa Ganesha.

Di sini pengunjung tak hanya menikmati keindahan Candi Sambisari saja namun bisa belajar sejarah candi. Tersedia museum mini yang menyediakan informasi mengenai sejarah dibangunnya candi dan sejarah proses pemugarannya Kita bisa melihat potret kondisi lingkungan candi yang berupa kawasan persawahan sebelum dilakukan pemugaran.

Fasilitas yang tersedia berupa area parkir, kamar mandi, dan gazebo untuk bersantai. Disarankan untuk membawa makanan sendiri jika ingin bersantai di sini karena di kawasan candi tidak terdapat penjual makanan. Candi Sambisari buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.00 WIB dengan tiket masuk Rp 5000,- untuk wisatawan lokal dan Rp 10.000,- untuk wisatawan mancanegara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here