Salah satu candi yang paling terkenal di Yogyakata adalah Candi Prambanan yang berlokasi di Jalan Raya Solo – Yogyakarta nomor 16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini diklaim sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia. Tak heran pesona yang ditawarkan tak main-main.

Konon Candi Prambanan dibangun pada era Rakai Pikatan saat menjadi raja Kerajaan Mataram Kuno. Sedikit berbed adengan mitos yang beredar mengatakan bahwa Candi Prambanan dibangun oleh Bandung Bondowoso hanya dalam satu malam dibantu tenaga gaib sebagai syarat untuk memperoleh cinta Roro Jonggrang.

Bangunan candi terdiri atas tiga bagian utama. plataran njobo atau bagian luar, plataran tengahan yang terdapat ratusan candi kecil, dan plataran njero atau bagian dalam yang merupakan bagian utama kompleks candi. Tiga candi utama  yang merupakan simbol tiga dewa utama dalam agama Hindu berada di plataran njero. Salah satu patung tokoh perempuan bagian dalam candi adalah Dewi Durga Mahisasuramardhani yang menurut salah satu mitos yang berkembang dipercaya sebagai  jelmaan Roro Jonggrang. Relief yang ada di candi ini bercerita tentang kisah Ramayana dengan alur cerita utuh yang bisa kita nikmati dengan berkeliling searah dengan jarum jam.

Tak hanya datang untuk menyaksikan keindahan candi, pengunjung juga bisa menyaksikan pagelaran pentas Sendratari Ramayana. Namun pentas ini diadakan di malam hari tidak bisa disaksikan setiap hari karena memiliki jadwal khusus. Setahun sekali kompleks Candi Prambanan juga menggelar Prambanan Jazz yang sudah sangat terkenal. Musisi jazz terkenal berdatangan tak hanya dari Indonesia namun juga musisi dari luar negeri pun turut meramaikan salah satu gelaran musik terbesar di Yogyakarta.

Sebagai lokasi wisata bertaraf internasional tentu fasilitas yang disediakan sudah lengkap. Terdapat kamar mandi, mushola, tempat makan, taman, hingga pasar oleh-oleh dengan harga yang terjangkau. Tiket masuk yang dipatok untuk bisa menikmati keindahan candi sebesar Rp 40.000,- untuk wisatawan lokal. Candi Prambanan buka setiap hari, sebaiknya datang saat pagi atau sore karena di siang hari suasana candi akan sangat panas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here