Jika anda sedang berencana liburan ke Sleman Yogyakarta maka jangan sampai anda melewatkan Candi Sari dari daftar tempat kunjungan anda. Candi Sari terletak di Desa Bendan, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta hanya berjarak kurang lebih 1 km ke arah timur.

Candi Sari tergolong dalam kelompok candi bercorak Budha tampak dari bentuk stupa di bagian atap candi. Bangunan candi berbentuk persegi dilengkapi jendela di setiap sisi bangunan candi. Sedikit berbeda dengan candi pada umumnya yang memiliki 1 ruang dan 1 tingkatan, di bangunan Candi Sari kita akan menemukan 3 ruangan yang berjajar masing-masing dihubungkan dengan pintu dan jendela. Keberadaan jendela dalam bangunan candi membuat sirkulasi udara tetap terjaga. Konon candi ini pada masanya digunakan sebagai tempat tinggal bagi para biksu sehingga terdiri dari beberapa tingkatan. Kita bisa melihat pahatan-pahatan arca dewa Boddhisatva dan dewi Tara pada bagian luar bangunan candi. Pahatan arcanya berjumlah sekitar 36 buah dengan pembagian masing-masing di sisi timur, utara, dan selatan 8 buah sedangkan di sisi timur 12 buah.

Secara umum pahatan arca digambarkan membawa bunga teratai berwarna merah dan biru dan  dalam sikap Tribangga atau lemah gemulai. Selain pahatan arca, di dinding candi kita bisa melihat pahatan dengan corak manusia burung atau yang biasa disebut dengan Kinara Kinari, Kumuda atau bunga dan daun yang menjulur, dan Kalamakara candi. Diketahui candi ini ditemukan pada tahun 1929 dalam keadaan yang rusak sehingga dilakukan pemugaran pada tahun 1930. Konon pembangunan Candi Sari diprakarsai Dinasti Syailendra.

Tiket untuk masuk ke candi juga relatif terjangkau hanya Rp 5000,- untuk orang dewasa. Candi Sari buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Namun waktu yang cocok untuk berkunjung ke sini adalah pada saat pagi hari. Pada pagi hari suasana Candi Sari sangat sejuk dan tenang apalagi pengunjung masih sedikit yang datang. Sehingga kita lebih leluasa untuk berkeliling dan tentunya berburu foto yang bagus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here