Yogyakarta dikenal memiliki banyak peninggal sejarah salah satunya dalam bentuk candi. Kalau Candi Prambanan mungkin sudah sangat familiar di telinga anda, namun pernahkah anda mendengar nama Candi Gebang? Candi ini berada di Jalan Jetis, Gebang, Desa Widomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Kurang lebih berjarak 11 km dari pusat Kota Yogyakarta. Candi ini bercorak agama Hindu dilihat dari keberadaan lingga, yoni, dan arca Ganesha. Disebut Candi Gebang karena memang lokasi ditemukannya candi berada di tepi Sungai Gebang yang cukup tersembunyi.

Candi Gebang dibangun menggunakan bahan dasar batu andesit. Permukaan dasar candi berbentuk persegi dengan ukuran kurang lebih 5,25 m x 5,25 m dengan tinggi 7.75 m cukup kecil jika dibandingkan candi yang lain. Pengunjung dapat memasuki candi melalui pintu di sisi timur. Kita bisa menemukan relung yang biasa untuk meletakkan arca di kanan dan kiri pintu masuk namun keberadaan arca sudah tidak diketahui. Masing-masing sisi terdapat relung, pada sisi barat terdapat relung yang menyimpan arca Nandiswara, relung bagian barat terdapat relung dengan Arca Ganesja yang duduk di atas sebuah yoni, sedangkan relung bagian selatan kosong.  Candi ini terdiri atas kaki candi, tubuh candi, dan atap candi.

Di sini pengunjung akan disuguhi pemandangan candi yang indah sembari menelisik sejarah Candi Gebang di masa lalu. Tersedia papan informasi mengenai sejarah candi yang bisa dibaca pengunjung. Spot foto di kompleks candi cukup banyak asalkan kita pandai mengatur sudut foto. Lokasi sekeliling candi masih asri dan kebersihannya juga terjaga. Suasananya yang hening dan tenang sangat mendukung untuk melakukan meditasi budaya.

Fasilitas yang tersedia di area Candi Gebang antara lain terdapat kamar mandi, area parkir, dan bangku-bangku untuk beristirahat. Jika anda ingin kesini untuk bersantai disarankan untukmembawa makanan ringan sebagai bekal karena belum dijumpai pedagang makanan di sekeliling kompleks candi. Candi ini sangat cocok untuk sekadar refreshing sendiri melepas penat ataupun wisata edukasi sejarah secara rombongan karena kompleks candi yang luas. Apalagi tiket masuknya cukup terjangkau hanya Rp 5000,-

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here