Kabupaten Sleman merupakan salah satu kabupaten yang menjadi sentra perkebunan salak. Banyak desa di Sleman yang kemudian mengembangkan kawasan perkebunan salak menjadi agrowisata perdesaan yang menarik. Salah satunya adalah Desa Wisata Ledoknongko. Desa ini berada di kawasan lereng Gunung Merapi tepatnya di Dusun Ledoknongko, Desa Bangunkerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Lokasinya yang berada di lereng gunung membuat udaranya segar dan cocok untuk melepas penat. Pemandangan alam khas perdesaan pegunungan yang tenang pun bisa kita temui di sini ditambah dengan keramahan penduduk desa setempat.

Daya tarik utama dari Desa Wisata Ledoknongko tentu adalah perkebunan salak pondohnya. Namun jangan salah, perkebunan salak pondoh di desa ini berbeda dengan yang lain karena merupakan jenis salak pondoh organik. Salak dibudidayakan dengan bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sehingga lebih sehat dan diklaim memiliki rasa yang jauh lebih enak dibandingkan salak biasa. Hal ini menarik perhatian banyak khalayak khususnya mereka yang bergerak pada dunia perkebunan. Sehingga pengelola juga membuka paket wisata edukasi mengenai budidaya perkebunan salak pondoh organik. Mulai dari memilih bibit, mencangkok, menanam pohon salak, hingga mengenal beragam varietas salak pondoh.

Desa Ledoknongko sudah jadi langganan kunjungan berbagai rombongan mulai dari siswa sekolah, mahasiswa, hingga kelompok tani dari berbagai kota untuk belajar sistem perkebunan salak organik tersebut. Untuk belajar budidaya perkebunan salak pondoh organik pengunjung akan diajak berkeliling kebun salak yang luas. Pohon-pohon salak berderet rapi membuat suasana perkebunan salak terlihat lebih estetis. Selain itu penataan yang baik memudahkan pengunjung untuk memetik salak langsung dari pohonnya.

Pengunjung yang datang akan disuguhi dengan buah salak pondoh yang manis. Tak hanya salak, pengelola desa wisata juga menawarkan aneka olahan buah salak pondoh seperti manisan salak pondoh, dodol salak pondoh, hingga oseng-oseng salak pondoh bisa anda coba di sini. Anda juga bisa membawa pulang salak dan produk olahannya sebagai oleh-oleh. Tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga besar ataupun dengan rekan kantor. Tak hanya wisata alam yang menyenangkan namun juga wisata edukasi yang menambah pengetahuan mengenai seluk beluk pertanian.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here