Kawasan Gunung Merapi memang dikenal sebagai daerah yang sejuk dan memiliki beragam destinasi wisata alam yang menarik. Salah satunya adalah desa wisata yang kini sedang gencar-gencarnya dikembangkan. Desa Wisata Tunggul Arum berada di Dusun Tunggul Arum, Desa Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Lokasinya berjarak kurang lebih 20 km dari pusat Kota Yogyakarta kearah utara.

Begitu sampai di lokasi desa wisata kita akan disambut dengan pemandangan alam perdesaan yang menakjubkan. Mata anda akan dimanjakan oleh gagahnya pesona Gunung Merapi ditambah dengan sejuknya udara khas pegunungan yang membuat semakin betah. Letaknya yang di pegunungan dengan ketinggian sekitar 800 mdpl menjadikan desa ini kaya akan potensi perkebunan salak. Pengunjung yang datang ke sini bisa merasakan pengalaman berkebun salak, mulai dari belajar penyerbukan hingga memetik buah salak langsung dari pohonnya.

Desa wisata Tunggul Arum memiliki beberapa spot unik yang biasanya dipakai untuk menggelar upacara adat, antara lain di Sendang Pancuran, Kedung Cuwo, dan juga Batu Tunggang. Namun upacara adat tersebut hanya digelar di saat-saat tertentu tidak setiap hari kita bisa menemuinya. Sebelum berkunjung akan lebih baik jika anda menanyakan dahulu kapan upacara adat terdekat akan digelar untuk menyesuaikan waktu kunjungan anda. Salah satu upacara adat yang seru untuk diikuti adalah upacara Merti Bumi yang biasa diadakan setelah panen tiba. Acara ini terdiri dari beberapa rangkaian seperti pengambilan air suci, pentas seni, pengajian dan mujahadah, kenduri, dan puncaknya warga desa akan mengadakan kirab. Kirab berupa iring-iringan benda pusaka Kyai Tunggulwulung, gunungan hasil bumi, tumpeng lanang wadon, hingga pelepasan burung dan Bregada Prajurit “Pager Bumi.”

Desa Wisata Tunggul Arum dikenal memiliki tata siaga bencana yang baik.Warga desa bahkan telah membentuk Sekolah Desa Siaga Bencana. Pengunjung bisa datang untuk belajar mengenai tata siaga bencana di sini. Beragam destinasi wisata juga ditemui di sekitar Desa Tunggul Arum antara lain Bunker Merapi, Goa Semar, Kali Krasak,Taman Anggrek Tiga Warna dan masih banyak lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here