Apakah anda ingin merasakan sensasi liburan yang seru dan sarat pengetahuan baru? Jika ya maka sebaiknya anda mencoba berkunjung ke desa wisata di Sleman ini. Namanya Desa Wisata Sukunan. Desa Sukunan adalah desa wisata berbasis lingkungan atau ecotourism. Lokasinya berada di Dusun Sukunan, Banyuraden, Gamping Yogyakarta. Desa Sukunan sudah menjadi langganan kunjungan wisatawan dari berbagai daerah untuk berwisata sekaligus belajar pengelolaan sampah. Anda pun juga bisa mengajak keluarga anda kesini untuk merasakan liburan yang anti mainstream.

Sebagai desa wisata yang berbasis lingkungan, Desa Wisata Sukunan tidak hanya menawarkan wisata yang menyenangkan tapi juga penuh dengan edukasi kebersihan lingkungan. Ketika berkunjung ke sini anda akan belajar sistem pengelolaan sampah mandiri, pelatihan pembuatan kerajinan dari plastik, pelatihan pembuatan kerajinan dari kain perca, hingga pelatihan pembuatan kompos rumah tangga. Kegiatan yang ditawarkan sangat ramah keluarga dan segala usia. Mulai dari anak-anak hingga orang tua bisa berkunjung ke sini untuk belajar mengelola sampah secara mandiri. Jadi anda tidak perlu khawatir ketika hendak membawa serta orang tua atau anak-anak anda yang masih kecil liburan ke sini. Setelah belajar pengelolaan sampah anda bisa mengajak keluarga atau rombongan melihat atraksi khas pedesaan seperti angon bebek, membajak sawah dengan kerbau dan sapi, menanam padi, hingga memanen tadi.

Satu hal yang tak boleh anda lewatkan adalah berburu oleh-oleh. Tak perlu khawatir karena di sini tersedia barang-barang yang unik dan lucu hasil karya warga desa. Pernak-pernik seperti aneka tas, dompet, bunga-bunga kecil, bahkan hingga jaket bisa anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman. Harganya juga variatif dan masih terbilang terjangkau. Dijamin akan jadi oleh-oleh ikonik dan beda dari yang lain. Dengan membeli oleh-oleh di desa ini berarti anda sekaligus berperan dalam kebersihan lingkungan.

Jika anda berasal dari luar kota dan membutuhkan penginapan, Desa Wisata Sukunan telah menyediakan rumah-rumah warga setempat sebagai homestay. Tak hanya sekadar  menginap namun juga merasakan kehidupan keseharian warga desa setempat secara langsung. Tentu ini akan jadi pengalaman langka dan berharga yang anda rasakan.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here