Yogyakarta memiliki beragam pesona desa wisata dengan karakteristik dan daya tarik yang berbeda. Salah satunya Desa Wisata Pancoh di Sleman yang dikenal luas sebagai desa sadar lingkungan karena masyarakat desa sangat peduli dengan kelestarian lingkungan khususnya kualitas air. Desa Poncoh adalah salah satu daerah penyangga air di kawasan lereng Gunung Merapi tak heran jika masyarakatnya sangat peduli pada kondisi air. Desa ini berada di kawasan lereng Gunung Merapi tepatnya di Desa Pancoh, Girikerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Berjarak kurang lebih 15 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Berkunjung ke Desa Wisata Poncoh sangat direkomendasikan karena kita tak hanya berwisata namun juga turut berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan melalui paket wisata live in. Live in adalah kita menginap dan mengikuti aktivitas wisata yang ditawarkan desa sehari semalam. Pengunjung yang menginap akan diminta untuk membayar uang konservasi lingkungan sebesar Rp 15.000,- per malamnya. Nantinya uang tersebut akan dialikasikan untuk upaya pelestarian lingkungan berupa penanaman bibit pohon. Tersedia lebih dari 60 rumah penduduk yang siap menjadi homestay pengunjung. Kita akan merasakan langsung kehidupan perdesaan di lereng Merapi secara lebih dekat.

Terdaat banyak aktivitas menarik yang bisa pengunjung lakukan di Desa Wisata Pancoh. Antara lain wisata edukasi pertanian di mana pengunjung akan belajar bertani secara tradisional. Pengunjung turun ke sawah untuk menanam padi, membajak sawah, memanen padi, hingga menangkap ikan. Tak hanya melestarikan lingkungan, Desa Wisata Pancoh juga turut melestarikan kebudayaan. Kita akan diajak berwisata budaya dengan bermain karawitan dan juga membuat kerajinan. Aktivitas ini biasa menjadi langganan anak-anak sekolah ketika melakukan kunjungan ke sini. Satu lagi aktivitas yang tak boleh anda lewatkan adalah susur sungai yang biasanya lengkap dengan paket outbond.

Desa Wisata Poncoh juga memiliki kuliner yang khas. Aneka makanan tradisional berupa jenang sumsum, wajik salak, bakwan salak, dan jenang grandul siap menggoyang lidah anda. Fasilitas yang disediakan di Desa Wisata Pancoh sudah sangat lengkap. Terdapat kamar mandi, mushola, area parkir luas, warung makan, dan homestay.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here