Salah satu desa wisata di Kabupaten Sleman yang tengah naik daun adalah Desa Wisata Jethak. Desa ini berlokasi di Sidokarto, Godean, Sleman, Yogyakarta. Kurang lebih berjarak 25 km dari arah pusat Kota Yogyakarta. Dari arah Tugu Yogya anda bisa terus berjalan ke barat hingga menemukan papan petunjuk arah. Masyarakat Jetak memiliki budaya asli yang masih mereka pertahankan sampai saat ini salah satunya adalah pagelaran kesenian tradisional. Wisata pagelaran seni tradisional biasanya digelar untuk menyambut wisatawan yang datang dan ketika memperingati hari-hari besar keagamaan. Seni tradisional yang ditampilkan berupa Seni Karawitan, Gejog Lesung, Sholawat, Tembang Macapat, Seni Hadroh, dan Panembrana.

Di sini juga terdapat dua rumah khusus berupa rumah tradisional Jawa berbentuk Jogla dan limasan. Rumah ini sengaja dibangun sebagai tempat untuk menyambut tamu. Walaupun dibangun pada tahun 1941 dan telah mengalami beberapa renovasi namun masyarakat masih bisa mempertahankan bentuk asli dari bangunan rumah tersebut. Suasana alam pedesaan Desa Wisata Jetak sangat asri dan dilengkapi beberapa ruang terbuka hijau yang sangat cocok untuk tempat bersantai dan berkumpul. Tak heran jika menjadi tujuan kunjungan berbagai sekolah dan instansi.

Selain diklaim sebagai desa sadar budaya, Desa Wisata Jetak juga diklaim sebagai desa yang sadar terhadap lingkungan. Masyarakat sadar mengenai pola hidup bersih dan sehat serta mengelola sampah desa secara mandiri. Sampah rumah tangga dipilah kemudian sampah yang bisa didaur ulang dikumpulkan ke bank sampah setiap minggunya. Lalu sampah kembali dipilah untuk kemudian diolah menjadi kerajinan ataupun bahan bakar briket. Masyarakat desa juga sudah memiliki sistem sanitasi yang baik. MCK dihubungkan dengan tabung yang kemudian bisa dimanfaatkan sebagai biogas.

Hasil kerajinan berupa produk-produk daur ulang sampah plastik bisa anda lihat. Seperti tas, dompet, sandal, hingga dompet, kerajinan serabut kelapa. Tak ketinggalan kerajinan dari bambu seperti tikar, hingga industri pengembangan jamu tradisional yang telah dikemas secara instan cocok untuk oleh-oleh. Fasilitas di Desa Wisata Jethak II ini terbilang cukup lengkap. Mulai dari toilet, mushola, hingga homestay sudah tersedia.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here