Jika anda berenana mengajak keluarga besar anda liburan, tak ada salahnya merasakan suasana liburan yang berbeda di desa wisata. Desa Wisata Grogol yang berada di Sleman ini bisa jadi alternatif pilihan anda sekeluarga. Desa wisata ini berada di kawasan Grogol, Margodadi, Seyegan, Sleman, DIY. Lokasi ini tidak jauh dari pusat kota.

Di desa ini kita bisa mencicipi sajian kuliner tradisional yang sudah sulit ditemukan di pasaran. Di antaranya ada tumpeng sego gurih, ndog gluduk, sego gudeg, caranggesing, dan masih banyak lagi. Salah satu yang paling khas adalah sego gudhangan yang berupa nasi dengan berbagai sayuran seperti bayam, kacang panjang, daun kenikir, kangkung, kecambah, dan wortel dipadu dengan campuran parutan kelapa dan sambel yang dikukus. Apalagi ditambah dengan lauk seperti tempe garit, tahu goreng, dan telur rebus yang lembut. Siap menggoyang lidah anda dan dijamin membuat anda ketagihan.

Desa Wisata Grogol juga menawarkan beragam pertunjukkan seni tradisional yang luar biasa. Rasanya julukan desa budaya sangat pas diberikan pada Desa Grogol. Beragam kesenian tradisional terus dilestarikan oleh warga sekitar. Di antaranya ada ketoprak, wayang kulit, karawitan, wayang orang, keroncong, kuda lumping, dan cokekan. Masih eksisnya beragam kesenian tradisional tersebut tentu tak lepas dari kesadaran masyarakat untuk melestarikannya melalui didirikannya sanggar-sanggar kesenian. Pengunjung diperbolehkan untuk mampir dan ikut menyaksikan mereka berlatih atau bahkan ikut belajar di sanggar. Beberapa sanggar yang jadi favorit pengunjung adalah Sanggar Wijaya Kusuma, Sanggar Bujo Gati, Sanggar Sekar Rinoce, dan Sanggar Ki Sarju.

Selain memang dikenal sebagai desa dengan budayanya yang kental, Grogol juga menawarkan wisata alam yang tak kalah menakjubkan. Terdapat sebuah sumber mata air yang bernama Tuk Bedhug. Di sini anda bisa melakukan wisata religius sekaligus menilik sejarah masa lalu di Desa Wisata Grogol karena terdapat Petilasan Sunan Kalijaga yang disebut Ketandan. Di lokasi inilah salah satu upacara adat bernama Kamidangan biasa diselenggarakan. Sensasi tak kalah menantang adalah anda bisa mengeksplor Gunung Ampon yang berada di kawasan perbukitan indah di Desa Wisata Grogol.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here