Museum Affandi merupakan salah satu museum yang ada di Jogjakarta yang berisi berbagai karya-karya lukisan dari seniman Affandi. Terdapat kurang lebih 300 karya dari seniman Affandi yang dapat dinikmati para pengunjung. Karya seni yang dihasilkan oleh seniman Affandi dapat menarik pengunjung bahkan wisatawan mancanegara.

Sedikit sejarah tentang Afandi yaitu Affandi lahir di Cirebon pada tahun 1907 putra dari R. Koesoema yang berprofesi sebagai mantri ukur di pabrik gula. Sepanjang hidupnya Affandi mendikasikan diri sebagai seorang pelulis yang menganut aliran ekspresionisme atau abstrak. Sang maestro lukis dikenal sangat identik dengan sarung serta pipa cerutu yang selalu menembel dibibirnya

Museum Affandi ini berdiri pada tahun 1974 atas keinginan dari Affandi. Koleksi yang ada di Museum Affandi merupakan hasil karya yang dibuat sendiri oleh seniman Affandi yang berupa karya gaya klasik maupun gaya modern. Pada tahun 1962 dulu museum ini sudah berdiri, tetapi hanya terdapat galeri saja. Dan baru diresmikan pada tahun 1974 oleh Prof Ida Bagus Mantra yang pada waktu itu sebagai Direktur Kebudayaan Umum.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here